Transistor ( Pengertian Dan Fungsi )

Transistor Adalah ( Pengertian Dan Fungsi )

Diposting pada

Pengertian Transistor

 

Transistor ( Pengertian Dan Fungsi )

Transistor adalah  suatu alat yang digunakan pada rangkaian elektronik untuk mengontrol pengaliran arus listrik. Bahan dasarnya adalah sama dengan bahan dasar dioda yaitu silicon atau germanium yang dicampur dengan bahan boron atau phosphor, sehingga terbentuk bahan tipe “P” dan tipe “N”. Simbol transistor yang umum digunakan adalah seperti dibawah. Garis yang mempunyai panah adalah Emitor, garis tebal adalah Basis, dan garis tanpa panah adalah Kolektor.

 

Baca Juga: Resistor Adalah ( Pengertian dan Fungsi )

 

Transistor adalah komponen semi konduktor. fungsi transistir yakni sebagai penguat, sebagai pemutus dan penyambung (saklar), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal dan berbagai fungsi lainnya.

Fungsi Transistor

Komponen ini pun dapat berfungsi sebagai kran listrik, dimana berdasarkan arus imput lainnya (BJT) atau tegangan input lainya (FET), memungkinkan pengaliran listrik yang sangat akurat dari sirkuit sumber listriknya.

Fungsi  sebagai saklar. Dengan mengontrol bias dari transistor hingga komponen ini menjadi jenuh, akan menyebabkan seolah-olah diperoleh hubungan singkat diantara emitor dan kaki kolektor. Fenomena inilah yang dapat dimanfaatkan hingga  bisa dipakai sebagai saklar elektronika.

Fungsi komponen ini sebagai penguat arus. Berdasarkan fungsi ini membuatnya dapat digunakan dalam rangkaian power supply yang tegangannya diset. Dalam keadan tersebut haruslah terlebih dahulu di bias dengan tegangan yang konstan pada basisnya, tutjuannya biar pada emitor menghasilkan tegangan tetap. Umumnya yang dipakai untuk mengontrol tegangan basis agar tetap adalah dioda zener.

 

Baca Juga: Dioda ( Pengertian Dan Fungsi ) Terbaru

 

Fungsi transistor untuk menguatkan sinyal AC. Selain berfungsi sebagai penguat arus, ini juga bisa digunakan sebagai penguat tegangan pada sinyal AC. Untuk pemakaian komponen ini sebagai penguat sinyal digunakan beberapa macam teknik pembiasaan basisnya. Dalam bekerja sebagai penguat sinyal AC, transistor dikelompokan menjadi beberapa jenis penguat, yaitu: penguat kelas A, penguat kelas B, penguat kelas AB, dan kelas C.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *