Tanaman Andong Merah Dan Manfaatnya

Diposting pada

Manfaat serta Khasiat Tumbuhan Andong Merah

 

  • Andong Merah di Mata Pakar Botani

Andong Merah
Tanaman Andong Merah

Andong merah memiliki nama ilmiah Cordyline fruticosa. Nampaknya klasifikasi tumbuhan ini lumayan ruwet sehingga dia memiliki begitu banyak nama ilmiah lain. Persamaan kata(sinonim) nama ilmiah ini merupakan Convallaria fruticosa, Asparagus terminalis, Aletris chinensis, Dracaena ferrea, Cordyline terminalis, Dracaena terminalis, serta Terminalis fructicosa. Tanaman ini pernah dikira selaku anggota Liliaceae( tipe bakung), tadinya pula masuk ke dalam kelompok Dracaena, ataupun Laxmanniaceae, ataupun Agaveceae, namun saat ini dia sudah dimasukkan ke dalam kelompok Asparagaceae. Genus Cordyline sendiri terdiri dari sangat tidak 15 spesies, dengan wujud yang lumayan bermacam- macam.

(Baca Juga: 10 Khasiat Pohon Kemangi, Coba Baca Ini)

Sebab tumbuhan ini tersebar luas mulai Asia Tenggara, Melanesia, Australia, Kepulauan di Samudera Hindia, sampai Polinesia, hingga dia memiliki banyak sekali nama ataupun sebuatan. Nama lain cabbage palm, good luck plant, ti plant, sabang, jijuang, mak pu mak mia, dracena, bloddracena, hanjuang, daun dasi, kayu urip, handwang, endong, linjuwang, bakjuang, renjuang, laklak, sawang, anjiluwang, anderuwang, litik, idahan, ti kouka, ai buru, serta cana la india.

 

Tumbuhan andong merupakan tumbuhan bahan obat yang kerap digunakan selaku pembatas lahan, sawah ataupun kebun, tumbuhan hias, tumbuhan buat kuburan. Namun nyatanya, mengerti kah kamu kalau khasiat tumbuhan andong selaku obat bermacam penyakit nyatanya sangat banyak.

  • Identitas Tumbuhan Efektif Obat: Andong Merah( Cordyline fruticosa)

 

Tanaman andong merah( Cordyline fruticosa) ini gampang dipelihara sebab sangat tahan terhadap kekeringan, hidup mulai dataran rendah sampai ketinggian 1900 m di atas permukaan laut. Tercantum tanaman monokotil. Menilik kemampuan khasiat andong selaku tumbuhan obat yang lumayan bermacam- macam, hingga tidak salahnya menanam tumbuhan menawan ini di dekat rumah kamu. Manfaat daun andong untuk kesehatan memanglah telah dikenal oleh bermacam- macam suku bangsa semenjak lama. Oleh sebab itu, tumbuhan ini terencana dibudidayakan di banyak tempat. Bila kamu tertarik, perkembangbiakan tumbuhan andong sangat gampang. Perbanyakan tumbuhan bisa dicoba dengan melaksanakan stek batang, ataupun bisa pula dengan memisahkan tunas yang berkembang di bagian pangkal batang tumbuhan di dasar tanah.

 

Daun tunggalnya berdimensi besar dengan ujung runcing, bisa dipergunakan selaku pembungkus santapan( sebagian sumber mengatakan bisa membuat santapan lebih awet sebab sifatnya selaku antibakteri). Warna daun merah keunguan ataupun merah muda, sehingga nampak kontras di antara tanaman yang lain. Dimensi daun yang berupa lanset ini bisa menggapai 20 hingga 60 centimeter panjangnya dengan lebar 10 sampai 15 centimeter. Daun pada batang yang sudah besar nampak tersusun bertumpuk diujung batang membentuk roset, lapisan antar daun merupakan spiral( berbalik). Di sebagian tempat, daun yang masih muda serta bercorak hijau dijadikan sayur- mayur buat dimasak bersama nasi. Bunganya keluar selaku tangkai panjang dekat 30 centimeter dari ketiak daun apabila tumbuhan telah lumayan tua. Rupanya putih kekuningan ataupun kehijauan, ataupun bisa pula putih keunguan.

 

  • Manfaat serta Khasiat Tumbuhan Andong( Cordyline fruticosa) buat Kesehatan

 

Bermacam- macam penyakit serta kendala kesehatan semacam tuberculosis( TBC) serta batuk berdarah, disentri, perih lambung, diare, perih ulu hati, air kencing berdarah, cedera sebab gigitan fauna berbisa, cedera terbuka, haid sangat banyak, demam, sembelit, radang gusi, memar, asma, kanker serta tumor dan merelaksasi otot serta saraf bisa diatasi dengan herbal ini. Bagian tanaman buat dimanfaatkan daun, bunga, pangkal, kering ataupun fresh.

(Baca Juga: 10 Khasiat Daun Kumis Kucing)

Di Hawai, oleh penduduk asli, daun andong dipercaya sanggup mengusir mahkluk halus yang bertabiat jahat dari rumah. Di Polinesia, akarnya yang sudah tua semacam membentuk rimpang serta memiliki pati, biasa dimanfaatkan selaku bahan santapan ataupun bahan obat- obatan. Di Papua New Guinea, andong dimanfaatkan akarnya dengan merebus, kemudian air rebusan diminum supaya bunda menyusui bisa mudah menghasilkan air susu( pengeluaran susu) serta menghindari peradangan pada kelenjar susu.

 

  • Dampak Farmakologis serta Isi Bahan Aktif Andong( Cordyline fruticosa)

 

Dampak farmakologis melegakan, menghentikan pendarahan, antibakteri, sedikit manis, menghancurkan darah beku, serta antiproliferatif( menghindari perkembangan sel pada kanker serta tumor). Seluruh dampak itu ditimbulkan oleh bermacam- macam bahan aktif yang dikandung oleh tumbuhan andong merah ini. Isi bahan aktif( senyawa kimia berguna obat) tanaman yang diprediksi berasal dari Asia serta Australia ini antara lain merupakan saponin, timidine, tanin, flavonoid, polifenol, stereoida, polisakarida, kalsium oksalat serta zat besi.

 

  • Panduan serta Data Yang lain tentang Tumbuhan Andong

 

Tumbuhan ini hendaknya tidak digunakan oleh bunda berbadan dua, sebab banyak sumber yang mengatakan kalau andong digunakan selaku bahan herbal buat aborsi( pengguguran isi) di Pasifik Selatan, begitu pula di New Caledonia, Tonga, serta Vanuatu. Pemakaian tumbuhan andong merah buat penyembuhan hendaknya lewat konsultasi ataupun pengawasan pakar herbal( penyembuhan tradisional) walaupun belum terdapat catatan yang lain menimpa bahaya pemakaian tumbuhan ini selaku obat tidak hanya yang disebutkan di atas. Formula herbal serta dosis yang pas pastinya pula dibutuhkan buat memperoleh khasiat maksimal dari tumbuhan ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *