Resistor Adalah ( Pengertian dan Fungsi )

Resistor Adalah ( Pengertian dan Fungsi )

Diposting pada

Pengertian Resistor

Resistor adalah salah satu komponen elektronika yang berfungsi sebagai penahan arus yang mengalir pada suatu rangkaian dan beberapa terminal dua komponen elektronik yang menghasilkan tegangan pada terminal yang sebanding dengan arus listrik yang melewatinya sesuai dengan hukum Ohm ( V= IR ). Sebuah resistor tidak memiliki kutub positif dan negatif, tapi memiliki karakteristik utama yaitu resistensi, toleransi, tegangan kerja maksimum dan power rating. Karakteristik lainya meliputi koefisien temperatur, kebisingan, dan induktasi. Ohm yang dilambangkan dengan simbol omega merupakan satuan resistensi dari sebuah komponen ini yang bersifat resistif.

Resistor Adalah ( Pengertian dan Fungsi )

resistor adalah komponen dasar elektronika yang selalu digunakan dan paling banyak dalam setiap rangkaian elektronika. Dengan demikian anda harus mempelajari dan memahami sebaik mungkin tentang komponen tersebut. Anda harus mampu mengetahui nilai dari sebuah komponen ini beserta fungsinya bila ingin membuat sebuah rangkaian elektronika.

Baca Juga: Dioda ( Pengertian Dan Fungsi ) Terbaru

Fungsi Resistor

Fungsinya adalah sebagai pengatur dalam membatasi jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. Dengan adanya komponen ini maka menyebabkan arus listrik dapat disalurkan sesuai dengan kebutuhan, adapun fungsi resistor secara lengkap adalah sebagai berikut:

  • Berfungsi untuk menahan sebagian arus listrik agar sesuai dengan kebutuhan suatu rangkaian elektronika.
  • Berfungsi untuk menurunkan tegangan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh rangkaian elektronika.
  • Berfungsi untuk membagi tegangan
  • Berfungsi untuk membangkitkan frekuensi tinggi dan frekuensi rendah dengan bantuan transsitor dan kondensator (kapasitor) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *