Pengertian Islam Secara Etimologi dan Terminologi, Penjelasan Lengkap 100%

Pengertian Islam Secara Etimologi dan Terminologi, Penjelasan Lengkap 100%

Diposting pada

Pengertian Islam Secara Etimologi dan Terminologi

Pengertian Islam Secara Etimologi dan Terminologi – Dalam memahami terkait dengan pengertian agama terdapat dua unsur yakni Pengertian agama secara etimologi dan Terminologi, dalam islam sendiri juga terdapat pengertian secara etimologi dan terminologi, berikut simak penjelasannya

Pengertian Islam Secara Etimologi dan Terminologi, Penjelasan Lengkap 100%

Pengertian Islam secara Etimologi

Dari segi etimologi Islam dapat diambil dari kata“ aslama” yang berarti menyerah kepada kehendak Allah SWT, setelah itu dari kata“ silmun” yang berarti damai dengan Allah SWT serta sesama makhluk, dan dari kata“ salima” yang berarti selamat dunia serta akhirat. Kata“ aslama” ialah turunan dari kata assalmu, assalam, assalamatu yang maksudnya bersih serta selamat dari kecacatan lahir serta batin. Dari asal kata ini bisa dimaksud kalau dalam Islam tercantum arti suci, bersih tanpa cacat, ataupun sempurna.

Kata Islam pula bisa diambil dari kata assilmu serta assalmu yang berarti perdamaian serta keamanan. Dari asal kata ini Islam memiliki arti perdamaian serta keselamatan, oleh sebab itu kalimat“ assalamu’ alaikum” ialah ciri kecintaan seseorang muslim kepada yang lain, sebab kalimat tersebut senantiasa menebarkan doa serta kedamaian kepada sesama. Setelah itu dari kata assalamu, assalmu serta assilmu yang berarti menyerahkan diri, tunduk serta taat. Seluruh asal kata tersebut berasal dari 3 huruf; sin, lam serta mim yang maksudnya sejahtera, tidak tercela serta selamat.

Baca Juga: Pengertian Definisi, Garis Besar, Jenis Dan Contohnya

Dari pengertian- pengertian kata sebagaimana diungkapkan diatas, hingga bisa disimpulkan kalau Islam memiliki makna berserah diri, tunduk, patuh serta taat seluruhnya kepada kehendak Allah. Kepatuhan serta ketundukan kepada Allah tersebut melahirkan keselamatan serta kesejahteraan diri dan kedamaian kepada sesama manusia serta lingkungannya serta mewujudkan keselamatan hidup di dunia serta akhirat.

 

Pengertian Islam secara Terminologi

Penafsiran Islam dari segi terminologi dibagi jadi 3, ialah secara khusus, umum serta menurut para ulama.

  1. secara khusus

Penafsiran Islam dari segi terminologi secara spesial ialah; Islam merupakan agama Allah yang dibawa serta diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan malaikat Jibril supaya dijadikan pedoman hidup di dunia serta akhirat.

  1. Secara umum

Ada pula secara universal, Islam merupakan agama yang dibawa serta diajarkan oleh seluruh Nabi serta Rasul Allah semenjak Nabi yang awal, ialah Nabi Adam as hingga dengan nabi yang terakhir, ialah Nabi Muhammad SAW.

  1. Menurut Ulama

Islam merupakan kaidah hidup yang diturunkan ke muka bumi serta terbina dalam wujudnya yang terakhir serta sempurna dalam Angkatan laut(AL) Quran yang suci yang diwahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi yang terakhir, ialah Nabi Muhammad SAW. Satu kaidah hidup yang muat tuntunan yang jelas serta lengkap menimpa aspek hidup manusia, baik spiritual ataupun material.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *