Pengertian Budaya, Macam, Ciri, Fungsi Dan Menurut Ahli

Pengertian Budaya (Macam, Ciri, Fungsi Dan Menurut Ahli)

Diposting pada

Pengertian Budaya, Macam, Ciri, Fungsi Dan Menurut Ahli Lengkap

Pengertian Budaya – Kehidupan manusia tak lepas dari bahasa dan budaya, budaya sendiri adalah tradisi yang diwariskan oleh leluhur kepada kita, maka sebagai seseorang yang bertanggung jawab sudah semestinya kita mengenal tentang budaya itu sendiri, mulai dari apa itu budaya, macam-macam budaya, ciri budaya hingga fungsi dari budaya itu sendiri, untuk lebih jelasnya simak.

Pengertian Budaya

Budaya adalah cara hidup yang sedang berkembang dan termasuk dalam sekelompok orang dan diwarisi dari generasi ke generasi ke generasi. Budaya terdiri dari banyak elemen rumit, termasuk sistem agama dan politik, bahasa, adat, bangunan, alat, pakaian dan karya seni.

Bahasa dan budaya adalah bagian integral dari manusia, banyak dari mereka cenderung berasumsi bahwa itu diwariskan secara genetik. Ketika seseorang mencoba berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai budaya dan menyesuaikan perbedaan, buktikan bahwa budaya dipelajari.

Budaya adalah gaya hidup holistik. Budaya juga kompleks, abstrak dan lebar. Banyak aspek bantuan budaya menentukan perilaku komunikatif. Elemen propagasi sosial-budaya dan mencakup banyak kegiatan sosial manusia.

  • Budaya Politik

Budaya politik adalah pola perilaku masyarakat dalam kehidupan, menyelenggarakan administrasi negara, kebijakan pemerintah, hukum, adat istiadat dan aturan normal yang dialami oleh semua anggota masyarakat setiap hari. Budaya politik juga dapat diartikan sebagai sistem nilai dengan masyarakat yang menyadari berpartisipasi dalam pengambilan keputusan kolektif dan penentuan kebijakan publik untuk seluruh masyarakat.

  • Budaya Demokrasi

Budaya demokrasi adalah mentalitas dan sikap kewarganegaraan masyarakat mengambil nilai-nilai independensi, kesetaraan dan kemandirian antara manusia kerja sama, kepercayaan timbal balik, toleransi dan kompromi. Definisi budaya etimologi demokrasi adalah sikap dan kegiatan manusia yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi. Suka apresiasi, solidaritas, kebabanan dan peraturan. Budaya demokrasi adalah bentuk aplikasi atau penerapan nilai-nilai dalam prinsip demokrasi.

  • Budaya Organisasi

Bahkan, setiap organisasi juga memiliki budaya yang merupakan karakteristik dari organisasi masing-masing. Budaya dalam organisasi disebut budaya organisasi. Sebelum memahami pemahaman budaya organisasi, kita harus memahami apa yang dipahami oleh budaya dan organisasi. Budaya adalah serangkaian pemahaman penting, yang diyakini, dan berlaku untuk anggota komunitas yang sama. Budaya terdiri dari serangkaian nilai, ide, persepsi, preferensi, konsep moralitas, kode perilaku, yang kemudian akan menciptakan karakter khas antara kelompok manusia. Sementara itu, organisasi adalah platform di mana individu dari beberapa latar belakang berkumpul dan bekerja sebagai unit kolektif untuk mencapai tujuan timbal balik dan tujuan tertentu.

  • Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Untuk memahami budaya ini, kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli, termasuk yang berikut.

 

  1. Menurut Koentjaraningrat

Definisi budaya adalah perilaku keseluruhan manusia dan hasil yang dicapai melalui proses pembelajaran dan semuanya disusun dalam kehidupan masyarakat.

 

  1. Menurut Edward Burnett Tylor

Tylor menjelaskan dalam bukunya “Primmitive Culture”, bahwa definisi budaya ini adalah keseluruhan global yang kompleks dan rumit, yang terkandung dalam Ilmu Ilmu, Kepercayaan, Seni, Legislasi, Moralitas, Adat Istiadat atau Kapasitas Lainnya, serta kebiasaan yang diperoleh dari manusia dalam hidup dan posisi mereka adalah anggota masyarakat.

 

  1. Menurut Ki Hajar Dewantaratara

Budaya ini adalah hasil dari perjuangan masyarakat untuk alam dan pada saat itu membuktikan kemakmuran dan kemuliaan kehidupan populasi dalam menghadapi kondisi yang sulit dan hambatan untuk kemakmuran dan kebahagiaan dalam hidup.

 

  1. Menurut Linton

Lintoh menyatakan bahwa definisi budaya ini adalah sikap skema dan pengetahuan yang merupakan kebiasaan dilakukan dalam warisan anggota masyarakat secara keseluruhan.

 

  1. Menurut Malinowski Branislaw

Definisi budaya ini adalah unit unit terorganisir yang dibagi menjadi dua (2) aspek fundamental, itu adalah makan siang artefak dan sistem pabean (adat istiadat).

  1. KBBI

Budaya adalah sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Secara tata bahasa, arti dari kebudayaan diturunkan dari kata budaya dimana cenderung menunjuk kepada cara pikir manusia.

Ciri-ciri Budaya

Berikut adalah beberapa karakteristik budaya, yang terdiri dari:

  • Sebagai budaya diri yang ada di wilayah tersebut dan dipelajari
  • Dapat diwariskan kepada semua orang dan setiap kelompok dan mewarisi setiap generasi
  • Dinamis, yang berarti bahwa suatu sistem telah berubah sepanjang waktu
  • Selektif, yang berarti mencerminkan model perilaku yang terbatas dari pengalaman manusia
  • Memiliki elemen budaya yang saling tergantung
  • Etnosentris berarti mengkonsumsi budayanya sendiri sebagai budaya terbaik atau mempertimbangkan budaya lain sebagai budaya standar.

Fungsi budaya

Budaya memiliki fungsionalitas paling penting, Anda dapat mempelajari warisan leluhur, apakah warisan baik untuk tetap berkelanjutan atau juga harus diperbarui atau harus dibiarkan jika rusak.

Budaya dan unsur-unsur yang terkandung di dalamnya dihubungkan oleh waktu dan tidak menjadi jumlah statis. Budaya ini akan terus berubah, entah bagaimana berubah / lambat.

Kecepatan atau juga kelambanan perubahan tergantung pada seberapa jauh kekuatan kultur dan seberapa banyak intensitas interaksi dalam kultur lain.

Di bawah ini adalah beberapa fungsi budaya:

  • Meningkatkan rasa nasionalisme.
  • Toleransi dan empati muncul.
  • Orang menjadi lebih berterima kasih.
  • Fasilitas untuk membangun sosialisasi.
  • Media pembelajaran, dll.

Unsurunsur budaya

Budaya mempunyai unsur-unsur sendiri, dari unsur-unsur keagamaan, bahasa, sistem pengetahuan, kehidupan dan teknologi, masyarakat, mata pencarian, serta seni. Di sini kita juga termasuk penjelasan:

  1. Sistem keagamaan

Sistem atau kepercayaan agama adalah kes yang berkenaan atau berkaitan dengan kepercayaan. Unsur-unsur sistem keagamaan adalah salah satu unsur budaya yang paling penting dalam kehidupan. Sistem ini mempunyai fungsi adalah pengawal selia kehidupan antara manusia, serta pencipta.

  1. Bahasa

Bahasa ini adalah sebutan yang hebat dalam unsur atau budaya budaya yang mampu menjadi alat perantaraan penting bagi manusia untuk meneruskan atau juga menyesuaikan budaya. Terdapat dua (2) jenis bentuk bahasa, bahasa yang dituturkan dan menulis bahasa.

  1. Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan ini membahas pengetahuan tentang keadaan alam sekitar manusia, serta sifat-sifat peralatan yang digunakannya.

Sistem pengetahuan mengelilingi ruang pengetahuan dalam alam sekitar, flora dan fauna, tubuh manusia, masa, alam dan tingkah laku manusia, ruang dan nombor, dan lain-lain.

  1. Peralatan dan teknologi yang jelas

Jumlah teknik yang dimiliki oleh masyarakat. Kumpulkan cara bertindak dan lakukan dengan jeneral. Ia adalah perumahan dengan pengumpulan dan pemprosesan bahan mentah yang akan dijalankan dalam alat kerja, pakaian, pengangkutan dan tujuan lain.

  1. Sistem Komuniti

Sistem komuniti ini adalah sekumpulan orang yang anggotanya merasakan satu dengan satu. Ia adalah salah satu elemen warisan budaya yang juga sangat penting dalam struktur sosial. Elemen ini akan mengira garis keturunan perkahwinan dan hubungan darah.

  1. Sistem rezeki

Sistem mata pencarian ini adalah semua usaha manusia untuk mendapatkan barangan dan perkhidmatan yang diperlukan. Sistem hayat sepanjang hayat atau sistem ekonomi merangkumi, memburu dan mengumpul makanan, memupuk, pertanian, memancing atau perdagangan.

  1. Seni

Seni boleh ditafsirkan adalah seperti keinginan keindahan manusia. Bentuk pelbagai kecantikan timbul dari imaginasi kreatif yang dapat memberikan kepuasan dalaman untuk manusia.

Selaras dengan konturnya, bentuk seni dibahagikan kepada tiga (3) kontur, adalah seni penampilan, seni suara dan seni menari.

Bentuk budaya

Ada 3 bentuk budaya, di bawah ini akan menjelaskan bentuk budaya:

  1. Gagasan atau ide

Gagasan atau ide ini adalah mentalitas. Mentalitas dibentuk dari koleksi ide-ide yang memiliki sifat abstrak. Dengan kata lain, manusia memiliki harapan semua yang mereka lihat dan hidup dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Aktivitas

Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan dan tindakan yang kemudian akan terjadi interaksi antara individu di masyarakat. Kegiatan atau kegiatan memiliki sifat konkret yang dapat diamati dan didokumentasikan.

  1. Hasil budaya

Hasil budaya ini adalah warisan dalam bentuk karya, benda atau fisikawan. Hasil budaya memiliki sifat paling konkret antara dua bentuk lainnya.

Faktor budaya

Proses pembentukan budaya dipengaruhi oleh banyak faktor, baik perilaku maupun inhibitor. Anda akan menemukan di bawah sejumlah faktor:

Faktor Pendorong Budaya

  • niat untuk melestarikan budaya
  • Bantuan dan terintegrasi ke dalam hati cinta dalam budaya
  • Masih ada generasi masa depan yang siap melanjutkan budaya
  • Ada perubahan dalam lingkungan yang dapat / dapat mendukung pengembangan budaya
  • Selalu menjaga daya tahan budaya sehingga tidak hilang

Faktor penghambatan budaya

  • Jumlah tanaman asing yang dimasukkan dan juga memiliki potensi untuk memindahkan budaya lokal
  • Generasi berikutnya yang tidak menghormati budaya
  • Tidak ada rasa terjadi pada budaya
  • Ambil budaya itu adalah hal lama dan biarkan menghilang atau menghilang

Baca Juga: Mengenal Bitcoin, Pengertian, Sejarah, Keuntungan, Dan Peluang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *