Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya

Diposting pada

Lidah buaya

 

Manfaat Lidah Buaya

 

Manfaat lidah buaya – Tanaman lidah buaya atau nama latin (aloe vera L atau aloe barbandesis adalah tanaman dengan rasa pahin dan bersifat dingin. Terdapat beberapa bahan kimia yang terkandung pada lidah buaya diantaranya yaitu aloin, barbaolin, isobarbaolin, aloe imodin, aloenin dan aloesin. Bahan kimia yang terkandung pada tanaman akan masuk ke meridian jantung, hati, dan pankreas.

Efek famakolis lidah buaya diantaranya rasa anti imflamasi, pencahar, parasiticide, dan memperbaiki pankreas. Untuk mengobati sakit kepala, pusing, sembelit, kejang pada anak, kurang gizi, batuk rejan, muntah darah, kencing manis, wasir, meluruhkan haid, dan menyuburkan rambut.

Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan

 

Manfaat Lidah Buaya

Akar, daun, dan bunga lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit diantaranya adalah

 

  1. Batuk rejan

Rebus 15-18 cm daun lidah buaya yang telah dibuang kulit dan durinya dengan gula. Lalu minum air rebusannya

 

  1. Kencing manis

Cuci bersih satu lembar lidah buaya dan buang durinya. Potong – potong bagian daging daun, lalu rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu setengah gelas. Minum air rebusan tiga kali sehari masing – masing setengah gelas.

 

  1. Luka terbakar karena api atau terkena minyak goreng panas

Cuci bersih daun lidah buaya, buang pangkal daunnya, lalu buka kulit daunnya. Oleskan bagian daun yang berlendir pada luka sampai lendirnya mengering atau ½ jam sekali. Lakukan pengobatan secara kontinu sampai peradangan karena panas pada kulit menghilang. Pengobatan dengan lendir lidah buaya ini lebih efektif dibandingkan dengan obat buatan.

 

Baca Juga: Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan

 

  1. Luka terpukul dan luka dalam ( muntah darah)

Rebus 10 -15 bunga lidah buaya kering dengan tiga gelas air sampai tersisa satu setengah gelas. Saring air rebusannya, lalu minum tiga kali sehari masing – masing setengah gelas.

 

  1. Sembelit

Cuci bersih ½ lembar lidah buaya, buang durinya, lalu bagian dagingnya dicincang. Tabahkan setengah gelas air panas dan satu sendok makan madu, aduk lalu saring. Makan campuran tersebut dua kali sehari dengan dosis sama saat masih hangat.

 

  1. Wasir

Cuci bersih ½ lembar lidah buaya yang telah dibuang durinya, lalu parut. Tambahkan ½ gelas air matang dan 2 sendok makan madu, aduk dan saring airnya, lalu minum tiga kali sehari.

 

 

Catatan:

Wanita hamil atau sedang haid, penderita sistem pencernaan dan diare, serta penderita gangguan ginjal dilarang minum ramun ini.    

 

Sekian informasi terkait dengan manfaat lidah buaya, semoga artikel ini bermanfaat. Share ke sosial media anda bila menurut anda orang lain juga harus mendapatkan informasi ini. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *