Macam-Macam Gaya

Macam-Macam Gaya ( Gesekan, Pegas, Magnet, Listrik Statik, Tarik Bumi )

Diposting pada

Macam-Macam Gaya – Apa yang kalian lakukan jika kalian membuka pintu? Tentu kalian akan mendorong atau menarik pintu sehingga pintu bergerak dan terbuka. Tarikan atau dorongan tersebut disebut gaya.

Macam-Macam Gaya

Gaya dapat bekerja jiak ada tenag. Ketika kita mendorong atau menarik pintu, pada saat itu pula kita akan mengeluarkan tenaga. Namun taukah kalian apa saja jenis gaya itu? Berikut penjelasan terkait dengan macam – macam gaya yang ada. Simak yah

Macam-macam gaya

Dalam ilmu pengetahuan alam ada beberapa jenis gaya, antara lain 1. gaya gesekan, 2. Gaya pegas .3. gaya magnet 4. Gaya listrik, dan 5. Gaya tarik bumi.

  1. Gaya gesekan

Gaya gesekan terjadi jika dua permukaan benda saling bersentuhan. Contohnya,bola yang sedang mengeliding pada saat tertentu akan berhenti. Bola yang menggeliding mendapat gaya gesekan, yaitu gesekan bola dengan tanah. Gaya yang diterima bopla dapat menghambat bola yang menggeliding sehingga gerak bola semakin pelan dan akhirnya berhenti.

 

Baca Juga: Transistor ( Pengertian Dan Fungsi )

 

  1. Gaya pegas

Sebuah katapel dapat digunakan untuk melontarkan batu. Batu dapat terlontar karena ada gaya yang ditimbulkan oleh karet. Gaya itu disebut gaya pegas.

  1. Gaya magnet

Jarum, paku, atau besi, dapat tertarik jika didekatkan pada sebuah magnet. Hal ini disebabkan oleh adanya gaya magnet.

 

Baca Juga: Elektronika Adalah ( Pengertian dan Menurut Ahli )

 

  1. Gaya listrik statik

Jika sebuah penggaris digosokan pada rambut, kemudian di dekatkan ke potongan- – potongan kertas kecil, apa yang kita lihat? Kertas – kertas itu akan bergerak ke arah penggari, karena penggaris telah bermuatan listrik. Tarikan disebabkan oleh benda bermuatan listrik disebut gaya listrik.

  1. Gaya tarik bumi

Jika kita melempar bola setinggi tingginya maka bola itu akan kembali lagi ke tanah. Gerakan bola ke arah tanah disebabkan oleh adanya gaya terik bumi. Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi.

 

Demikian penjelasan terkait dengan macam – macam gaya semoga ini bermanfaat. Share bila kalian ingin orang lain mengetahui informasi ini juga. Terimakasih

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *