Dioda

Dioda Adalah ( Pengertian Dan Fungsi )

Diposting pada

Pengertian Dioda

Dioda

 Dioda adalah suatu komponen elektronik yang dapat mengalirkan arus hanya pada satu arah saja. Pengertian dioda adalah komponen elektronika yang terdiri dari dua elektroda, yakni anoda dan katoda. kata “dioda” adalah sebuah kata majemuk yang berarti “dua elektroda”, di mana “Di” berarti dua dan “Oda” yang berarti elektroda. Jadi komponen ini adalah dua lapisan elektroda (katoda) dan lapisan P (anoda ) dimana N berarti negatif dan P adalah positif.

  Komponen ini merupakan komponen yang paling sederhana pada keluarga semikonduktor. Bentuknya  ini sejenis vacuum tube yang memiliki 2 buah elektroda yang terbuat dari bahan semikonduktor.

Fungsi Dioda

 Fungsinya tersebut  memang unik, yaitu hanya dapat mengalirkan arus satu arah saja. Fungsi yang paling umum adalah untuk memperbolehkan arus listrik mengalir dalam satu arah (disebut kondisi Panjar maju) dan untuk menahan arus dari arah sebaliknya (disebut kondisi Banjar mundur). Karenanya  dapat dianggap sebagai versi elektronik dari katup pada transmisi cairan.

Baca Juga: Pengertian Administrasi ( Tujuan, Jenis, Ciri, Unsur, Menurut Ahli, Serta Contohnya)

 Fungsi  lainya adalah sebagai penyearah sinyal tegangan AC menjadi sinya DC. Untuk dapat digunakan sebagai penyearah setengah gelombang anda bisa menggunakan sebuah dioda. Namun jika ingin menjadi penyearah gelombang penuh, anda harus menggunakan empat buah komponen ini  yang dirangkai seperti jembatan atau dengan menggunakan dua buah komponen yang memiliki center tap (CT).

Dioda Zener

 

Dioda

Salah satu bentuk komponen yang dirancang khusus dimana arus balik dapat terjadi pada tegangan yang sudah melibihi tegangan yang sudah ditentukan tanpa merusak komponen. Bahan untuk dioda zener dicampur dengan phosphor dan boron yang lebih banyak sehingga elektron bebas dan hole pada bahan ini akan lebih banyak yang memungkinkan arus listrik ( pada arah terbalik ) mengalir tanpa merusak pada rangkaian yang dirancang dengan tepat.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *