Cara Menghasilkan Uang dengan Musik: 6 Cara Terpercaya bagi Musisi untuk Mendapatkan Uang

Diposting pada

Fowaro – Cara Menghasilkan Uang dengan Musik, Jika  anda suka membuat musik, itu salah satu cara paling memuaskan untuk mencari nafkah. Baik itu pekerjaan penuh waktu Anda atau pertunjukan sampingan yang menguntungkan, menjual musik adalah  cara kreatif untuk menghasilkan uang dengan melakukan sesuatu yang Anda sukai.

Tapi bagaimana jika uangnya tidak ada? Menjual musik Anda tidak disertai jaminan apa pun. Bagi banyak musisi, nyanyian sirene dari karier musik yang menguntungkan tidak sebanding dengan risikonya.

Jadi, bagaimana Anda mengurangi risiko itu? Atau bahkan menghilangkannya sama sekali?

Menghasilkan uang dari musik memang tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin. Dengan menyiapkan aliran pendapatan otomatis yang terdiversifikasi⁠, musisi pada tahun 2020 dapat mengurangi risiko dan mengambil peluang dalam karier impian mereka.

Ingin tahu apa saja yang diperlukan? Anda datang ke tempat yang tepat.

Cara Menghasilkan Uang
ilustrasi

Cara menghasilkan uang dengan musik

  • Hasilkan royalti streaming melalui distribusi digital
  • Hasilkan uang dengan bermain pertunjukan
  • Jual merchandise band secara online
  • Berkolaborasi dengan merek dan musisi lain
  • Jual ketukan dan sampel
  • Ajarkan kelas musik dan jual pelajaran

Pada tahap awal karier musik Anda, penting untuk memiliki banyak aliran pendapatan. Tanpa dukungan dari label rekaman besar, aliran tunggal apa pun tidak mungkin menghasilkan cukup pendapatan bagi Anda untuk mencari nafkah.

Tetapi beroperasi bersama, sejumlah (kebanyakan) aliran pendapatan otomatis dapat membantu Anda mengurangi risiko dan fokus pada pembuatan musik, daripada menjualnya.

Mari kita bahas aliran pendapatan paling umum yang digunakan artis untuk memonetisasi musik mereka:

1. Dapatkan royalti streaming melalui distribusi digital

smartphone

Penting di sini untuk memahami perbedaan antara layanan streaming dan jaringan distribusi:

  • Layanan streamingadalah platform yang digunakan orang untuk mendengarkan musik. Yang paling populer adalah Spotify dan Apple Music.
  • Jaringandistribusi mendistribusikan dan mengumpulkan royalti dari layanan streaming tersebut.

Musisi tidak benar-benar punya pilihan dalam hal layanan streaming. Bahkan artis terbesar di dunia pun tidak terlindungi dari serangan balik saat menghapus musik mereka dari platform streaming populer.

Sangat penting bagi Anda untuk melakukan streaming pekerjaan Anda di Spotify dan Apple Music, dua layanan terbesar yang tersedia secara global. Layanan streaming populer lainnya termasuk Google Play, Amazon Music, dan YouTube Music — ditambah layanan streaming khusus genre seperti BeatPort dan JunoDownload, keduanya melayani produser dan penggemar musik elektronik.

Bagaimana menemukan dan memilih jaringan distribusi yang tepat

Sebagian besar jaringan distribusi dapat mengirim musik Anda ke semua platform streaming utama, jadi ini bukan masalah utama. Namun, ada perbedaan signifikan dalam apa yang ditawarkan jaringan distribusi layanan, harga, dan pembayaran royalti yang penting untuk dipertimbangkan saat Anda mencari layanan distribusi.

Mari kita bahas beberapa jaringan distribusi yang lebih umum.

Baca Juga:

4 Cara Jitu Mempertahankan Pola Pikir Agar Menghasilkan Uang

Cara Menabung Agar Terbebas Dari Masalah Keuangan

Lakukan Cara Ini “Agar Jualan Laris Manis”

 

  1. Landr

Harga: Paket mulai dari $ 4 / bulan

Kelebihan: Menyediakan akses ke semua layanan streaming utama dan membayar 100% royalti streaming kepada artis, menjadikannya salah satu opsi yang lebih murah.

Kekurangan: Iklan yang mengganggu untuk produk andalan Landr — perangkat lunak penguasaannya — dapat mengganggu, terutama jika Anda adalah produsen berpengalaman dan tidak menggunakan produk tersebut.

  1. TuneCore

Harga: Paket mulai dari $ 9,99 / tahun untuk setiap single

Kelebihan: Termasuk seperangkat alat untuk membantu artis mempersiapkan, mempromosikan, dan menjual musik mereka. Juga membayar 100% royalti streaming kepada artis.

Kekurangan: Struktur harga yang membingungkan. Karena Anda ditagih per lagu, per tahun, ada risiko lebih tinggi untuk membayar lebih dari yang Anda terima.

  1. CD Bayi

Harga: Paket mulai dari $ 9,95 untuk satu single

Kelebihan: Termasuk distribusi CD dan vinil , memungkinkan Anda dengan mudah menjual salinan fisik musik Anda bersama unduhan digital, serta akses ke Show.co , platform pemasaran musik.

Kekurangan: Membayar persentase royalti streaming yang lebih rendah — 91% — kepada artis dibandingkan layanan lain.

  1. Menghibur

Harga: Gratis

Kelebihan: Paling terjangkau. Sangat mudah digunakan, dan bagus untuk artis yang lebih kecil. Amuse juga berfungsi ganda sebagai label rekaman , menawarkan kesempatan untuk ditemukan. Membayar 100% royalti streaming kepada artis.

Kekurangan: Hanya berfungsi melalui aplikasi seluler tanpa versi desktop. Fiturnya sangat terbatas dibandingkan dengan layanan lain.

Menghasilkan uang dengan bermain pertunjukan

Baca Juga:

5 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Berpeghasilan Ratusan Juta Rupiah

Ide Bisnis Di Masa Pandemi, Nomor 7 Cocok Untuk Pelajar

 

Bermain live adalah salah satu cara paling menguntungkan bagi musisi untuk menghasilkan uang. Meskipun internet memungkinkan pertunjukan musik streaming langsung, tidak ada yang cukup cocok dengan melihat salah satu artis favorit Anda tampil secara langsung.

Bagaimana menemukan pertunjukan berbayar untuk musisi

Bermain langsung bukan hanya cara yang baik untuk menghasilkan pendapatan, tetapi juga salah satu cara terbaik untuk membangun penonton. Penggemar gig selalu memenangkan hati penggemar media sosial dalam hal betapa berharganya mereka bagi karier musik Anda, karena mereka telah membuktikan diri bersedia membayar uang untuk menonton musik live.

Dengan asumsi Anda belum membeli bus wisata, Anda harus mencari tempat lokal yang bagus untuk bermain jika Anda ingin membangun penonton dari penggemar musik live yang sebenarnya. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah melalui aplikasi dan situs web pemesanan pertunjukan seperti ReverbNation Gig Finder .

Situs dan platform pemesanan pertunjukan lebih mudah diakses, yang berarti banyak pertunjukan cenderung menjadi acara perusahaan yang ditargetkan untuk audiens yang lebih luas. Pertunjukan ini bisa sangat menguntungkan, tetapi perlu diingat bahwa pertunjukan tersebut kurang berharga dalam hal membangun penonton yang berkelanjutan.

Berpikir untuk jangka panjang, Anda ingin membangun hubungan dengan tempat-tempat lokal di “adegan” Anda. Di sinilah keterampilan jaringan Anda akan berguna. Mulailah dari yang kecil dan temukan tempat yang terbuka untuk pertunjukan baru.

Membuat kit pers elektronik

Saat Anda mulai menjangkau tempat, ada kemungkinan mereka meminta kit pers elektronik (terkadang disebut “EPK”, “paket promosi”, atau hanya ” kit pers “).

EPK adalah kumpulan dokumen, video, gambar digital, dan, tentu saja, musik Anda. Tempat menggunakan EPK untuk mendapatkan gambaran singkat tentang “merek” Anda. Anda dapat membuat kit pers menggunakan alat bantu desain seperti Canva , Adobe Spark , atau PressKitBuilder

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *