Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog Terbaru 2021

Diposting pada

Cara Membuat Blog

 

Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog – Blogger dan wordpress adalah dua layanan blog yang bersaing ketat didunia bloging. Dua layanan ini memilii kelebihan masing – masing dan dengan pangsa pasar masing – masing. Bloger hanya menyediakan satu fitur yaitu fitur gratisan yang aksesorisnya dapat kamu utak atikdan jika kamu kamu ahli  dalam bahasa HTML, CCS dan JavaScript maka kamu bisa mengkostumisasi blog semaumu.

Berbeda dengan blogger, yang punya dua lanan, yaitu blog dengan layanan gratis dan blog dengan hosting sendiri. Blog gratis milik wordpress berbeda jauh dengan blogger karena banyak keterbatasan yang ada di fitur gratis wordpress, sedangkan wordpress menyediakan layanan Content  Management System secara gratis namun hanya bisa dipakai jika kamu memiliki hosting dan domain pribadi. Bingung dengan hosting dan domain?  Nanti kita akan membahas wordpress berbayar lebih lanjut dan sekarang mari kita mendaftar di blogger dan wordpress.

Cara Mendaftar di Blogger

Sebelumnya kamu ahrus memiliki e-mail di Google Mail (Gmail) karena layanan blogger adalah milik google, jadi dengan akun Gmail kamu bisa langsung menggunakan blogger.

  1. Kunjungi http://www.blogger.com.
  • Biasanya e-mail kamu sudah dideteksi oleh blogger jika kamu sudah memilki akun di Gmail. Jika belum kamu tinggal isi email yang telah kamu datarkan di Gmail. Masukkan password account Gmail kamu dan klik masuk. Kita mulai tutorial bagaimana memulai blog kamu yang perdana.
  • Setelah mengisi password dan klik masuk, kamu akan mulai menamai blog kamu dihalaman ini. Isi nama tampilan dan centang penerimaan pertanyaan, lalu klik, lanjutkan
  • Berikan judul pada blog-mu dan tentukan nama domainnya. Lalu, cek apakah nama yang kamu pakai sudah dipakai orang lain atau belum. Klik cek ketersediaan. Jika terdapat keterangan alamat sudah tersedia, maka kamu bisa memakai alamat blog tersebut. Klik tanda panah lanjutkan.
  • Saatnya kamu memilih template yang kamu inginkan, tapi template yang tersedia disini super duper jadul. Pilih saja dulu salah satu template default, lalu klik lanjutkan.
  • Sudah siap diisi postingan.

 

Baca Juga: Cara Membuat Fanspage Facebook Terbaru 2021

 

Tidak berbeda dengan mendaftar di blogger, kamu harus memiliki akun email mana saja karena tidak ada keistimewaan seperti account Gmail yang langsung bisa dipakai di blogger. Ingat blog wordpress yang kita buat sekarang adalah blog wordpress gratisan, tidak memakai hosting sendiri.

 

 

Cara mendaftar di  WordPress

Pertama-tama:

  1. Kunjungi  http://www.wordpress.com

Setelah masuk ke laman wordpress Klik sign up now untuk memulai pendaftaran di wordpress. Selanjutnya, kamu akan dibawa ke form registrasi.

Lengkapi pendaftaran tersebut, keterangan isian form tersebut sebagai berikut.

  • Username : nama unik yang kamu inginkan untuk masuk ke account WordPress
  • Password : password yang kamu inginkan untuk account WordPress dengan user name tadi
  • Confirm : isian ulang password untuk konformasi password
  • Email Address: alamat email yang kamu daftarkan untuk verifikasi di WordPress
  • Legal flotsam : harus dicentang sebagai tanda kamu telah membaca persyaratan yang berlaku untuk membuat account wordpress

Terakhir terdapat radio button yang harus kamu pilih salah satu, apakah kamu mau diberi blog atau hanya membuat akun wordpress tanpa memiliki blog.

Sebelum kita beranjak ke langkah selanjutnya, coba kamu perhatikan halaman form pada pendaftaran tersebut. Apakah kamu menagkap hal yang tidak biasa? Lihat tanda panah pada form tersebut. Yup bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan urusan baha inggris, kamu bisa ganti form pendaftaran dengan bahasa indonesia.

Klik tombol next yang ada dipojok kiri bawah dan sesaat kemudian kamu akan mendapati kembali form keterangan blog yang harus kamu isi untuk melengkapi registrasi blogmu.

Keterangan form

  • Blog domain: nama blog yang akan kamu pakai dengan format www.namablog.wordpress.com
  • Blog title: judul  yang nantinya akan dijadikan deskripsi
  • Languange: bahasa uatama yang akan kamu pakai diblog, secara default bahsa yang diset adalah bahasa inggris, namun kamu dapat memilih bahasa untama yang nantinya digunakan
  • Privacy: menyetting tingkat privasi blogmu apakah boleh muncul dimesin pencari seperti google dan technorati atau publikasi situs www.wordpress.com

Lengkapi semuanya, lalu klik signup, akan muncul halaman yang menyatakan bahwa wordpress mengirim verifikasi ke emailmu.

Selain pemberitahuan tersebut terdapat juga saran untuk mengupdate profuil sementara kamu verifikasi akun blog di email. Pemberitahuan ini sifatnya opsional, kamu boleh lakukan atau tidak , jika menurutmu tidak penting maka abaikan saja.

Cek email untuk melihat email yang dikirim wordpress, lalu klik link yang dikirim wordpress untuk verifikasi, kamu akan dibawa ke halam yang menyatakan bahwa akunmu telah di verifikasi.

Selamat! Kamu sudah berhasil mengakifkan akun wordpressmu dan siap untuk ngeblog.

Sekian tutorial cara membuat blog di blogger dan wordpress mudah bukan? Share informasi ini bila bermanfaat untuk anda dan orang selain semoga dengan arikel ini anda merasa terbantu. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *