Apa Itu Papeda? Dari manakah Asal Makanan Padeda

Diposting pada

Apa Itu Papeda? Dari manakah Asal Makanan Padeda ini

Apa Itu Papeda? Dari manakah Asal Makanan Padeda – Kali ini Fowaro akan menberikan informasi tentang apa itu papeda, asal makan papeda sampai bahan dan proses singkat pembuatan papeda. Hingga saat ini di daerah asalnya papeda masih menjadi makan tradisional faforit meskipun keberadan papeda telah digeser dengan digantikan oleh nasi. Meskipun terbilang keberadaannya sudah jarang dikonsomsi oleh masyarakat sehari-hari, namun kita masih bisa temukan papeda di daerah asalnya. Bagi anda yang penasaran dengan rasa papeda dan lauk khas nya yaitu ikan kuah kuning  anda dapat menemukannya dengan sedikit mengeluarkan uang.

Karen saat ini papeda sudah banyak di jual di warung makan yang ada di daerah asalnya, cukup dengan Rp 25.000 Rupiah anda sudah dapat meyantap nikmatnya hidangan papeda.

Tanpa basa – basi lagi simak penjelasan berikut:

 

Apa itu Papeda?

Papeda adalah makan yang bertekstur lembek seperti bubur, papeda biasanya disajikan dengan hidangan ikan kuah kuning  atau ikan kuah lainnya, dan juga beberapa lauk tambahan serti sayur daun singkong, daun pepaya muda atau olahan jantung pisang sebagai pelengkap hidangan. Papeda sendiri terdiri dari 2 jenis ada yang dari tepung singkong dan juga dari tepung sagu (Rumbia).

Baca Juga: 

10 Khasiat Pohon Kemangi, Coba Baca Ini

Sayur Kangkung Untuk Ibu Hamil

Papeda Adalah Makanan Khas Dari Daerah?

Dalam sejarahnya makanan papeda terkenal luas di papua, irian dan maluku, orang – orang di papua, irian dan maluku sering menyajikan makanan ini sebagai makanan pokok sehari-hari. Sebagai warisan makanan khas setempat, papeda juga baik untuk kesehatan karena rendah kalori yang bermanfaat untuk mengatasi obesitas, mengatasi sakit pada ulu hati, memperkuat tulang dan masih banyak lagi. Sayangnya saat ini papeda sudah sulit dijumpai sebagai hidangan pokok didaerah asalnya. Orang – orang sekarang lebih sering mengkonsumsi nasi sebagai makan pokok pengganti papeda.

Baca Juga: Cara Buat Pancake Mangga

Papeda Terbuat Dari?

Dari jenisnya papeda terdiri dari 2 jenis yaitu dari buah singkong dan dari pohon sagu atau rumbia.

Dari buah singkong sendiri proses pengolahannya adalah pertamama-tama kupas buah singkong kurang lebih 5-10 kg, selanjutnya parut dengan menggunakan mesin parut, hasil parutannya kemudian di letakan dalam sebuah wadah dicampur dengan air lalu di aduk-aduk sedikit seperti membuat santan kelapa.

Setelahnya saring air hasil parutan yang telah diaduk tadi kedalam wadah yang agak besar. Diamkan airnya selama semalam guna agar pati singkong mengendap di dasaran wadah. Nah pati singkong inilah yang nanti di jadikan papeda.

Dari pohon sagu (rumbia) pertama tebang pohon sagu yang telah dewasa atau siap panen setelah tebang potong menjadi beberapa bagian agar mudah untuk di olah.

Apa Itu Papeda? Dari manakah Asal Makanan Padeda

Selanjutnya ambil isi dari pohon sagu yang telah di potong beberapa bagian tadi. Kemudian parut dengan mesin parut agar menjadi seperti tepung kasar. Lalu sagu di peras dengan menggunakan air, setelahnya tampung air perasan sagu tadi kedalam sebuah wadah dan diamkan selama semalam agar sagu bisa menghasilkan pati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *